APSI Nganjuk

My photo
Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Sebagai Media Informasi Pendidikan & Pembelajaran (Dari Kita Untuk Semua) Kontak: 082143737397 atau 085735336338

Monday, January 11, 2010

Pengeloaan Kelas


Salah satu bentuk manajemen kelas bagi guru yang penting adalah mengelola kelas dan penataan ruang yang terlihat asri, rapi, indah sehingga membuat anak kerasan di dalam kelas, dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Ada beberapa manfaat penataan ruang kelas yang menarik antara lain siswa tidak merasa jenuh, siswa akan merasa betah dalam kelas, siswa termotivasi dalam belajar, serta dapat menumbuhkan kreatifitas untuk mendesain kelas yang lebih rapi.


Dalam mendesain pembelajaran sebaiknya tidak selamanya guru membelajarkan siswa hanya di dalam kelas. Jika guru pandai memanfaatkan lingkungan di luar kelas maka akan memunculkan kekuatan antara lain :
· Segar berpikir karena suasana berganti
· Inkuiri lebih berproduksi
· Akslerasi lebih terpadu dan spontan
· Kemampuan eksplorasi lebih runtut
· Menumbuhkan penguatan konsep


Adapun kelemahan pembelajaran di luar kelas antara lain :
Siswa kurang konsentrasi
Pengelolaan kelas lebih sulit terkondisi
Waktu menjadi tersita ( waktu menjadi tidak tepat )
Penguasaan konsep kadang terkontaminasi oleh siswa / kelompok lain
Guru lebih intensif dalam membimbing
Akan muncul minat yang semu


Manfaat pembelajaran di luar kelas antara lain :
Pikiran lebih jernih
Pembelajaran akan terasa menyenangkan
Pembelajaran lebih variatif
Belajar lebih rekreatif
Belajar lebih riil
Anak lebih mengenal pada dunia nyata dan luas
Tertanam image bahwa dunia sebagai kelas
Wahana belajar akan lebih luas
Kerja otak lebih rilexs

Kekuatan pembelajaran di dalam kelas antara lain :
Anak lebih konsentrasi
Tugas guru tidak terlalu repot
Pengorganisasian siswa lebih terjamin
Mudah dalam pengawasan

Kelemahan pembelajaran di dalam kelas antara lain :
Anak merasa bosan
Partisipasi individu kurang
Penemuan dan akslerasi cenderung tergiring terkondisi oleh guru
Eksplorasi guru dan siswa menjadi terbatas

Kesimpulan : Guru yang pandai mendesain kegiatan pembelajaran, adalah yang tepat memilih kapan pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan kapan pembelajaran dilakukan di luar kelas sehingga diharapkan siswa dalam menerima materi pelajaran akan lebih bermakna dalam dunia nyata sehingga proses berpikirnya akan lebih berkembang

No comments:

Post a Comment